Mencoba Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung

Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung
Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung

Minuman Herbal untuk Meredakan Asam Lambung

Saat gejala asam lambung timbul, tentunya saya merasa sangat tidak nyaman. Berikut ini sejumlah minuman herbal yang bisa Anda coba untuk meredakan asam lambung.


Teh Peppermint

Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung Teh Peppermint

Mengutip Healthline, beberapa studi menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat membantu pengidap GERD dalam mengatasi gejala yang muncul. Anda bisa mendapatkan asupan peppermint dengan meminumnya dalam bentuk teh. Namun, Anda disarankan agar tidak meminum teh peppermint berbarengan dengan obat antasida karena bisa memicu heartburn.

Teh Jahe

Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung Teh Jahe

Secara historis, jahe telah digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan lainnya, termasuk sakit maag. Jahe disebut memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kerongkongan secara keseluruhan. Anda bisa mengupas jahe, lalu merebusnya dalam air. Tambahkan madu untuk menambahkan rasa. Konsumsi air jahe dalam kondisi panas. Ada sedikit efek samping yang terkait dengan jahe, kecuali Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Mengonsumsi jahe terlalu banyak justru bisa menyebabkan sakit maag.

Teh Kunyit

Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung Teh Kunyit

Minuman herbal untuk meredakan asam lambung selanjutnya adalah teh kunyit. Mengutip Medical News Today, kunyit bisa melindungi sel-sel mukosa di kerongkongan dari kerusakan akibat asam lambung. Anda bisa menyeduh bubuk kunyit yang sudah tersedia di pasaran untuk mengonsumsinya.

Teh Chamomile

Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung Teh Chamomile

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki chamomile dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi di kerongkongan akibat naiknya asam lambung. Selain itu, chamomile juga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan akibat kecemasan dan stres. Sementara stres dan kecemasan disebut-sebut sebagai salah satu pemicu utama naiknya asam lambung

Teh Daun Pepaya

Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung Teh Daun Pepaya

Selain meringankan masalah pencernaan, daun pepaya juga digunakan untuk mengatasi refluks asam lambung. Mengutip Hello Doctor, enzim papain yang ditemukan dalam pepaya membantu meredakan sensasi terbakar di dada alias heartburn. Daun pepaya bisa dikonsumsi dengan cara dibuat seperti teh atau jus. Berikan madu untuk menambahkan rasa. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Khasiat Obat Herbal untuk Mengurangi Asam Lambung

Jangan biarkan penyakit asam lambung mengganggu kenyamanan Anda saat menikmati makanan. Beberapa jenis obat herbal asam lambung dapat diperoleh di sekitar dengan mudah. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus.

Penyakit asam lambung memang dapat menyerang siapa saja. Tapi, jangan dianggap sepele. Pada tahap tertentu, penyakit ini bisa menjadi GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), yaitu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. Gejalanya adalah munculnya sensasi terbakar di ulu hati, sakit pada bagian dada, hingga batuk.

Beragam Obat Herbal Asam Lambung di Sekitar Anda

Beberapa jenis obat herbal asam lambung kemungkinan tidak terpikirkan sebelumnya, seperti permen karet, lidah buaya, atau baking soda. Bahan-bahan ini kemungkinan dapat membantu meredakan asam lambung, meski sebenarnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Lidah Buaya

Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya selain dipercaya mampu meredakan luka bakar, ternyata juga dapat mengurangi peradangan yang ada di dalam perut dan kerongkongan penderita GERD. Tidak hanya itu, lidah buaya ternyata juga dapat bersifat laksatif, seperti pencahar. Jadi perhatikan takaran saat mengonsumsi lidah buaya. Anda bisa memilih jus lidah buaya instan yang telah menghilangkan kandungan laksatif di dalamnya. Konsumsi setidaknya ½ cangkir lidah buaya sebelum makan.

Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu obat asam lambung sering dipergunakan untuk menetralkan asam lambung. Untuk menggunakan baking soda sebagai obat herbal asam lambung, campur sebanyak ½ - 1 sendok teh baking soda dan segelas air. Namun, bagi Anda yang sering mengalami sakit perut, baking soda bukanlah pilihan yang tepat. Baking soda mengandung kadar garam yang tinggi dan dapat menimbulkan mual serta pembengkakan.

Licorice (Akar Manis)

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, licorice dipercaya memiliki pereda alami untuk sakit perut, sehingga dapat meredakan rasa mulas hingga ke sumber masalah. Akan tetapi, konsumsi licorice yang berlebihan juga tidaklah baik karena dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan efek samping serius lainnya. Anda bisa memilih licorice yang jenisnya DGL guna menghindari efek sampingnya dan aman karena tidak mengandung asam glycyrrhizic yang berbahaya.

Selain dengan mengonsumsi beberapa hal di atas, Anda juga bisa menjadikan permen karet untuk mengurangi asam lambung. Mengunyah permen karet dapat merangsang laju aliran saliva atau air liur. Sehingga, asam yang ada di dalam perut Anda dapat dibilas oleh air liur dengan cepat dan akhirnya meredakan gejala GERD.

Mulai Mengubah Gaya Hidup Sehat

Selain memanfaatkan obat herbal asam lambung, Anda juga perlu menjaga gaya hidup dan pola makan yang baik, agar terhindar dari penyakit asam lambung. Mulai hindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik seperti, cokelat, bawang bombay, saus tomat, makanan yang digoreng, bawang putih, makanan cepat saji, dan makanan yang kaya lemak. Selain itu, siapkan camilan di sela-sela jam makan Anda, dan hindari melahap makanan dalam jumlah banyak sekaligus.

Tidak hanya makanan, beberapa jenis minuman bisa memicu naiknya asam lambung, seperti minuman yang mengandung kafein, soda, jus dari buah-buah citrus, dan minuman beralkohol. Bahkan, makanan atau minuman yang mengandung mint juga sebaiknya dihindari karena bisa memicu meningkatnya asam lambung.

Perubahan gaya hidup yang sehat juga sangat penting agar terhindar dari rasa menyiksa ketika asam lambung naik. Disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal, hindari merokok, hindari berbaring setelah mengonsumsi makanan, dan menggunakan pakaian ketat.

Konsumsi obat herbal asam lambung dengan hati-hati, sebab masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk penyakit asam lambung yang Anda alami, agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Ramuan Herbal untuk Menurunkan Keasaman Akibat Asam Lambung

Asam lambung yang tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi ramuan herbal untuk asam lambung. Ahli gizi yang berbasis di Delhi, Anshul Jaibharat, mengatakan bahwa gaya hidup dapat berpengaruh terhadap tingginya asam lambung. Keasaman dapat disebabkan oleh jarak waktu yang lama antara waktu makan, perut kosong, atau asupan teh, kopi, merokok, atau alkohol yang berlebihan. Tingginya asam lambung ini dapat dipicu oleh makanan pedas atau makanan berlemak tinggi.

Saat asam lambung naik, seseorang akan merasakan mulas, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati. Kebiasaan tersebut akan mengganggu kadar pH alami tubuh dan membuat asam lambung meluap.

Ada beberapa cara untuk meredakan keasaman akibat asam lambung. Salah satu alternatifnya adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal yang biasanya dibuat dari tanaman atau rempah herbal.

Ramuan Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki sifat menenangkan sehingga memberikan bantuan instan saat asam lambung naik. Untuk membuat ramuan daun kemangi, siapkan 3-4 lembar daun kemangi yang telah dicuci bersih dan rebus secangkir air hingga mendidih. Ramuan ini adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk meredakan keasaman di lambung.

Ramuan Adas

Tanaman adas juga bermanfaat untuk mencegah asam lambung. Penggunaan ekstrak akar adas dapat membantu meredakan gejala perut terkait asam lambung. Anda bisa memanfaatkan ramuan biji adas dengan cara mencampurkannya dengan teh. Teh adas dapat membantu saluran pencernaan menjadi sehat.

Ramuan Biji Jintan

Biji jintan berfungsi sebagai penetral asam yang hebat. Tumbuk sedikit biji jintan yang sudah dipanggang, kemudian didihkan satu gelas air. Masukkan biji jintan yang sudah ditumbuk, tambahkan kapulaga, jahe, dan cengkih, dan biarkan ramuan mendidih. Setelah itu, Anda bisa dinginkan ramuan tersebut sebelum diminum.

Ramuan Jahe

Jahe memiliki banyak khasiat, termasuk untuk meredakan asam lambung. Dokter di Rumah Sakit Fortis, Ahuja, mengatakan bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Untuk membuat ramuan jahe, potong jahe menjadi ke dalam potongan kecil, kemudian rebus jahe ke dalam air, tunggu hingga mendidih. Setelah itu, ramuan jahe siap untuk dikonsumsi. Anda bisa meminumnya saat masih hangat sehingga memberikan efek nyaman di pencernaan.

Ramuan Cengkih

Tanaman cengkih kerap digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Cengkeh bersifat karminatif sehingga mampu mencegah pembentukan gas di saluran cerna. Anda bisa membuat ramuan herbal dari cengkih dengan cara menumbuk cengkih dan kapulaga dengan perbandingan yang sama. Ramuan ini bisa bermanfaat untuk mengobati asam lambung dan menghilangkan bau mulut.

Cara Alami Mengatasi Asam Lambung dengan Herbal

Beberapa tanaman herbal bisa digunakan sebagai bahan minuman untuk asam lambung. Berikut beberapa contoh bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi asam lambung:

Jahe

Jahe sangat baik dikonsumsi untuk meredakan nyeri asam lambung. Jahe mengandung banyak manfaat kesehatan dan diketahui dapat memperlancar pencernaan. Teh jahe dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan dan meredakan iritasi lambung. Anda dapat menjadikan jahe sebagai bahan memasak, mentah, atau bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh jahe.

Kunyit

Kunyit dapat menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan senyawa kurkumin. Kunyit kaya akan senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Kunyit bisa dikonsumsi dengan menambahkan bubuk kunyit ke dalam makanan atau dengan menyeduhnya dengan air panas untuk dijadikan teh kunyit. Namun, perlu diperhatikan agar tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping pada tubuh.

Licorice

Licorice dikenal dapat meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti refluks asam lambung, sakit perut, dan mulas. Akar licorice dapat digunakan sebagai penyedap dan bahan pengobatan. Penggunaan ekstrak akar licorice ini dapat membantu mengobati gejala penyakit GERD. Licorice juga tersedia dalam bentuk bubuk dan dapat dikonsumsi sebagai minuman teh.

Chamomile

Obat alami selanjutnya sebagai bahan dasar ramuan herbal penurun asam lambung adalah chamomile. Chamomile dapat membantu mengatasi refluks asam lambung dan memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mencegah masuknya asam ke kerongkongan. Mengonsumsi teh chamomile dapat mengurangi stres dan peradangan, yang dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut, Anda dapat meredakan asam lambung secara alami dan mengurangi gejala yang tidak nyaman. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki keadaan tubuh yang berbeda, dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi ramuan herbal ini.

Dengan memanfaatkan minuman herbal dan obat herbal yang telah disebutkan di atas, Anda dapat meredakan asam lambung secara alami. Namun, ingatlah untuk tetap menjaga gaya hidup sehat, menghindari makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung, serta berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan keadaan Anda.

Referensi

  1. 5 Minuman Herbal untuk Meredakan Asam Lambung Secara Alami

  2. Mencoba Khasiat Obat Herbal Asam Lambung - Alodokter

  3. 5 Ramuan Herbal untuk Menurunkan Asam Lambung, Apa Saja ...

  4. Atasi Asam Lambung dengan Cara Alami, Manfaatkan 4 Bahan ...

  5. 5 Resep Jamu Rumahan Herbal Obat Asam Lambung Paling Ampuh

Tidak ada komentar untuk "Mencoba Ramuan Herbal untuk Meredakan Asam Lambung"